get app
inews
Aa Read Next : Benarkah Haram Hukumnya Berpuasa Setelah Nisfu Sya’ban?

Dahsyatnya Keutamaan Menjalankan Shalat Tarawih Malam Ke-6, Setara dengan Thawaf di Baitul Makmur

Senin, 27 Maret 2023 | 14:47 WIB
header img
Fadhilah atau Keutamaan Shalat Tarawih Malam Ke-6 Seperti Thawaf di Baitul Makmur

SALATIGA, iNewsSalatiga.id- Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa dimana pada bulan ini umat muslim diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh. Tidak sampai disitu, di bulan ini terdapat pula ibadah shalat tarawih yang menjadi ibadah besar bagi umat muslim dunia.

Shalat tarawih memang tidak wajib. Tapi, karena ibadah ini hanya bisa dilangsungkan di Bulan Ramadan, maka sholat tarawih sangat dinanti oleh muslim di seluruh dunia.

Shalat tarawih juga memiliki fadhilah atau keutamaan yang berbeda setiap malamnya.
Dalam kitab Durratun Nashihin turut dijelaskan mengenai keutamaan shalat Tarawih di setiap malam, salah satunya ketika mengerjakan shalat Tarawih di malam keenam.

‎وَفِى اللَّيْلَةِ السَّادِسَةِ اَعْطَاهُ اللهُ تَعَالَى ثَوَابَ مَنْ طَافَ بِالْبَيْتِ الْمَعْمُوْرِ وَيَسْتَغْفِرُ لَهُ كُلُّ حَجَرٍ وَمَدْرٍ

Artinya: "Pada malam keenam, Allah memberikan pahala seperti pahala malaikat yang tawaf di Baitul Makmur dan setiap batu dan tanah pun memintakan ampunan untuknya."

Baitul Makmur merupakan salah satu bangunan setelah Baitul Izzah yang berada di langit. Dibangunan tersebut para Malaikat beribadah, sebagaimana ketika manusia beribadah di sekitar Ka'bah.

Pendapat yang disebutkan oleh Al-Mawardi menjelaskan,
"Setiap hari ada 70 ribu malaikat yang thawaf dan beribadah di sana. Kehormatannya di langit sama seperti kehormatan Ka'bah di bumi." Pendapat ini diriwayatkan Qatadah dari Anas bin Malik sebagaimana yang juga dikemukakan oleh Ali dan Ibnu Abbas.

Baitul Makmur adalah Ka'bah para penghuni langit.

Editor : Muhamad Andi Setiawan

Follow Berita iNews Salatiga di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut